ROKOK

Berapa batang rokok yang harus dihisap untuk merusak jantung kita? Sepuluh, seratus, atau seribu? Well jawabnya cukup 1 batang saja. Efek yang cepat dan instant! Banyak alasan  orang merokok. Ada yang karena gengsi, gaya hidup, iseng atau hanya ingin terlihat macho dan gaul. Efek yang dirasakan kebanyakan para perokok itu adalah efek sugesti yang bersifat psikologis. Efek secara psikologis memang dapat langsung dirasakan. Perasaan lebih macho, lebih Pe-De, lebih tenang dan efek yang menyenangkan lainnya. Namun selain efek tersebut ada efek lain yang pelan-pelan menyusup di balik tubuh kita. Seringkali demi pergaulan orang yang tidak merokok ikut-ikutan menghisap rorok walau hanya satu batang. “Nggak pa-pa Cuma 1 batang,” begitu alas an yang sering didengar.

Nah, yang tidak disadari si perokok tsb adl efek dari 1 batang rokok tsb. Menurut penelitian yang digarap oleh Dr Vincent Sorrell, ahli jantung dari East Carolina University, satu kali hisapan rokok langsung mempengaruhi fungsi jantung, dlm penelitiannya mengumpulkan orang yang bukan perokok aktif, aliran darah dari paru-paru dan jantung dipelajari, kemudian sebagian mengunyah permen karet dan sebagian merokok 1 batang setelah itu aliran darahnya dipelajari kembali. Hasilnya, rata-rata orang yang memilih rokok mengalami perubahan arus aliran darah, fungsi jantung orang yang merokok 1 batang tsb juga mengalami kerusakan. Tentu saja ini bukan berita baru. Efek negative rokok pasti sudah akrab di telinga kita. Ada apa sebenarnya dengan rokok?????

 

Rokok dibuat dari bahan utama tembakau dan dicampur dengan bahan lain sepeti cengkih dan bumbu penyedap lainnnya. Rokok pada dasarnya adalah pabrik bahan kimia yang berbahaya bagi kesehatan . Walaupun terlihat sederhana, namun pada sebatang rokok mengandung 4000 lebih bahankimia, 400 diantaranya beracun dan kira-kira 40 diantaranya menyebabkan terjadinya kanker. Itu semua baru 1 batang rokok. Bayangkan saja sudah berapa banyak batang rokok yang dikonsumsi setiap hari.

Di bawah ini beberapa contoh zat kimia yag terkandung pada sebatang rokok, yakni:

1. Gas CO atau Karbon Monoksida               8. Uretan

      2. Benzena                                                      9. Perilen

      3. Benzaldehida                                            10. Ortokresol

      4. Nitrogen Oksida                                       11. Asetilen

      5. Hidrogen Sianida                                     12. Akrolein

      6. Metanol                                                    13. Kormarin

      7. Amonia                                                    14. Nikotin

Semua bahan kimia dalam rokok digolongkan menjadi 2 golongan, yakni golongan gas dan golongan padatan yang terdiri dari Nikotin dan Tar yang bersifat racun bagi tubuh.

Nikotin adalah bahan yang menyebabkan orang ketagihan, selai  itu nikotin dapat menyebabkan  :

1.      tekanan darah naik

2.      beban kerja jantung menjadi lebih berat

3.      penuaan dini pada kulit

Sedangkan TAR merupakan kumpulan bahan kimia yang berjumlah ribuan yang dapat menyebabkan kanker rahim. Selain kedua bahan tsb terdapat gas CO atau Karbon Monoksida yang berasal dari sisa pembakaran tidak sempurna pada senyawa karbon. Gas ini dapat menyebabkan  :

1.      Fungsi darah terganggu krn gas CO bereaksi dengan Hemoglobin dalam darah

membentuk COHb yang sulit terurai. Jika melebihi ambang (20 ppm) dapat

menyebabkan sakit kepala, gangguan pernapasan bahkan kematian.

2.      Mempersempit pembuluh darah dalam tubuh.

Perlu diketahui bahwa merokok dapat menyebabkan penyakit berat seperti  :

1.      Kanker Paru-paru

Endapan tar dan nikotin yang masuk bersama asap rokok dapat merusak jaringan alveoli, kerusakan ini mengakibatkan darah tidak mampu mengikat O2.  Perbaikan sel-sel yang rusak oada paru-paru sulit terkendali. Pertumbuhan dan perbaikan yang terus menerus menyebabkan timbulnya jaringan baru di paru-paru. Hal inilah yang disebut dengan kanker paru-paru.

2.      Penyakit Jantung

Nikotin merangsang terjadinya penimbunan lemak di dalam pembuluh coronary arteri sehingga terjadi penyempitan pada pembuluh tersebut. Penyakit yang ditimbulkan oleh penyempitan ini disebut penyakit jantung koroner.

3.      Bronkhitis

Peradangan atau infeksi pada paru-paru dan penyakit ini akan lebih parah jika dipengaruhi oleh nikotin dan tar, kedua zat ini dapat melemahkan syaraf-syaraf fatal bronchitis sehingga peradangan pada bronchitis mudah terinfeksi virus.

4.      Impotensi

Artinya bahwa bahan kimia yang terdapat pada rokok  dapat menyebabkan gangguan atau kelainan seksualitas pada pria. Bahan kimia seperti uretan, perilen dan ortokresol akan menghambat produksi sperma pada pria. Biasanya anak-anak yang sudah merokok pada usia  muda kurang lebih 10 tahun, 79% akan terserang kemandulan.

Kebiasaan kita mengkonsumsi rokok juga menyebabkan :

1.      Gangguan di rongga mulut sehingga menyebabkan bau mulut (halitosis)

2.      Nafas pendek dan dada sesak

3.      Sakit tenggorokan

4.      Merusak gigi, gusi dan bibir menjadi hitam

Bagaimana dengan nasib perokok pasif  ???

Jika seseorang merokok dia hanya menghisap asap rokok sekitar 15% saja sedangkan 85% lainnya akan dilepaskan dan akhirnya dihisap oleh para perokok pasif.

WHO menyatakan sekitar 700 juta anak di dunia terpaksa menghisap udara yang sudah terpolusi oleh asap rokok. Asap rokok yg terpaksa terhisap oleh perokok pasif ternyata mempunyai kandungan bahan kimia yabg lebih tinggi dibandingkan dengan asap rokok yang dihisap oleh si perokok. Perokok pasif adalah orang yang tidak merokok, namun menjadi korban perokok karena turut menghisap aap sampingan. Perokok pasif mempunyai resiko yang cukup tinggi atas kanker paru-paru dan jantung koroner, serta gangguan pernapasan.

Setelah kita menyadari betapa berbahayanya aktivitas dan kebiasaan merokok baik bagi diri sendiri, orang lain maupun lingkungan alam, hendaknya kita dapat meminimalisir kebiasaan merokok setiap hari. Semoga, dengan kesadaran kita akan bahayanya merokok, dapat menyelamatkan lingkungan dan masa depan anak cucu kita. Amin…

 

By Rna product

Tentang rnaesemka1

chemistry teacher in smkn 1 purworejo jawa tengah
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s